Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 4

Jakarta.kemenkumham.go.id - Senin, 08 Januari 2018 Mengawali tahun 2018 Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Pusat menggelar seminar untuk para Pembimbing Kemasyarakatan yang bertempat di Aula Bapas Kelas I Jakarta Pusat. Kegiatan Penguatan Kapasitas Jabatan Fungsional Tertentu Pembimbing Kemasyarakatan pada Bapas Kelas I Jakarta Pusat diikuti oleh seluruh pegawai Bapas Kelas I Jakarta Pusat dengan menghadirkan 5 (lima) narasumber yang terdiri dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, BPSDM dan STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Bandung serta Center Detention Studies (CDS).

Pelaksanaan kegiatan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman bagi pegawai khususnya yang menyandang jabatan sebagai JFT Pembimbing Kemasyarakatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bapas Jakarta Pusat Elviera Agustin, yang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para narasumber di mulai dari Centre Detention Studies Ali Aranoval  yang membahas tentang arah pelaksanaan tugas dan fungsi Bapas.

Selanjutnya narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yakni Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak (BISPA) yang akrab disapa Yunaedi memberikan pengarahan tentang kebijakan-kebijakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terkait bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak.

Selepas ishoma seminar ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Dosen Politeknik Akademi Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) Ali Muhammad yang membahas tentang kerangka pikir penelitian kemasyarakatan (LITMAS) dalam pemasyarakatan yang dilengkapi dengan materi Assesment Resiko dan Kebutuhan oleh Imaduddin Hamzah.

2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 3

2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 5 2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 1

2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 2

Sesi terakhir dari kegiatan ini diisi oleh Yeane Ellen dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang memberikan materi tentang teknik-teknik wawancara dan penggalian data yang bisa dimanfaatkan untuk penyusunan Litmas. 

2018 01 08 Bapas Jakarta Pusat 6

(Kontributor Bapas Jakarta Pusat : A&Y)