Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2017 11 09 Rudenim RDK 22017 11 09 Rudenim RDK 3Jakarta.Kemenkumham.go.id - Kamis sore usai jam kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono memenuhi undangan dari Rumah Detensi Imigrasi Jakarta guna membahas permasalahan tentang penanganan dan penanggulangan pencari suaka, pengungsi dan immigratoir yang berada di dalam Rudenim Jakarta. 

Kakanwil DKI Jakarta sedianya yang membuka kegiatan rapat ini didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Agus Widjaja dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan serta Kepala Rudenim Jakarta Morina Harahap. 

Dalam kegiatan rapat ini juga sekaligus mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2015 tentang penanganan pengungsi dari Luar Negeri kepada para peserta yang didalamnya terdapat perwakilan dari UNHCR Indonesia dan IOM (International Organization for Migration).

Di dalam pembahasan disini mengungkapkan mengapa mereka para pencari suaka memilih Indonesia sebagai negara persinggahannya. Menurut wawancara yang diambil secara acak kepada para pencari suaka mereka mengatakan "Saya senang di Indonesia karena situasinya aman dan kebiasaan masyarakat baik apalagi untuk pengungsi seperti kami," ungkapnya. 

Sejatinya tak ada seorang pun yang rela meninggalkan negara asalnya kecuali dalam keadaan terdesak" Jadi kemanapun mereka terbawa dan punya kesempatan berlindung, mereka akan jalani, dan kebetulan para pengungsi yang saat ini berada di Indonesia hanya punya kesempatan untuk memilih ke Indonesia," ucap perwakilan dari UNHCR disela-sela diskusi.

2017 11 09 Rudenim RDK 7Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan dikesempatan ini membagikan pengalamannya kepada para peserta rapat, tentang pengelolaan Blok Hunian yang berada di Rudenim, Perawatan terhadap mereka para pengungsi, pencari suaka ataupun immigratoir yang berada di dalam lingkungan Rudenim Jakarta. Serta keamanan yang harus dilakukan oleh para petugas Keamanan Rudenim untuk menjaga stabilitas kondisi ketertiban baik antar sesama penghuni maupun penghuni dengan petugas.

Karena menurut pengamatan Kadiv Pemasyarakatan Arpan saat kunjungannya ke dalam Rudenim Jakarta yang terletak di Kalideres Jakarta Barat beberapa waktu yang lalu. Ia mengatakan Rudenim disini tidak jauh berbeda secara fungsinya dengan Rumah Tahanan Negara maupun Lembaga Pemasyarakatan.  

Di dalam rapat ini Rudenim Jakarta juga mengundang perwakilan dari UNHCR dan IOM. IOM sendiri disini adalah organisasi antar pemerintah utamanya di bidang migrasi. IOM berdedikasi untuk memajukan migrasi dalam hal ini membantu pemerintah dalam menjawab tantangan migrasi, serta memberikan kepastian kesejahteraan migran, termasuk keluarga dan komunitasnya.

2017 11 09 Rudenim RDK 6 2017 11 09 Rudenim RDK 1

foto : Suasana Diskusi antara Kepala Divisi Keimigrasian Agus Widjaja dengan perwakilan dari UNHCR dan IOM yang hadir dalam kegiatan penanganan dan penanggulangan pencari suaka, pengungsi dan immigratoir.

"Seringkali istilah pencari suaka dan pengungsi menimbulkan kebingungan. Seorang pencari suaka adalah seseorang yang menyebut dirinya sebagai pengungsi, namun permintaan mereka akan perlindungan belum selesai dipertimbangkan. sedangkan Seorang pencari suaka disini adalah mereka yang meminta perlindungan akan di evaluasi melalui prosedur penentuan status pengungsi (RSD), yang dimulai sejak tahap pendaftaran atau registrasi pencari suaka" ucap perwakilan dari UNHCR saat menyampaikan secara umum tentang pengertian pengungsi dan pencari suaka di dalam rapat penanganan serta penanggulangan immigratoir di Wilayah DKI Jakarta .

2017 11 09 Rudenim RDK 4

Foto Bersama Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang diapit oleh Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Divisi Pemasyarakatan serta Kepala Rudenim Jakarta dan staf juga perwakilan dari UNHCR dan IOM (International Organization for Migration)