Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 4Jakarta.kemenkumham.go.id - Jum'at (24/11/2017) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat menggelar sosialisasi tentang pencegahan tindak pidana perdagangan orang yang dilaksanakan di Mercure Ancol Hotel yang terletak di Jalan Pantai Indah Ancol, Jakarta Utara selama dua hari sejak 24-25 November 2017.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk penguatan kapasitas petugas imigrasi dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Barat.

Dalam Kegiatan ini Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Bambang Sumardiono didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Nuni Suryani dan Kepala Divisi Keimigrasian Agus Widjaja.

Banyak hal yang dilakukan Pemerintah dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang, diantaranya dengan melakukan kerjasama dan penandatanganan nota kesepahaman tentang pencegahan dan penanganan warga negara Indonesia yang terindikasi atau korban tindak pidana perdagangan orang di luar negeri.

Point terpenting dalam nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Kementerian dan Lembaga Pemerintah pada tanggal 23 Agustus 2016 adalah untuk membangun "National Reveral Mekanism" agar penanganan dapat responsif terkoordinasi dan terpadu untuk meningkatkan pencegahan perdagangan orang dan perlindungannya.

Pada tataran implementasinya maka diperlukan pemahaman tindak pidana perdagangan orang secara keseluruhan dan resiko hukumnya dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang dan optimalisasi peran petugas imigrasi dalam rangka pencegahan tersebut. Sebagai payung hukum dan pedoman pelaksanaan undang-undang No.21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang, khususnya dalam menangani permasalahan tindak pidana perdagangan orang berdasarkan Undang-Undang No.6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dalam pelaksanaan tugas sehari-hari petugas imigrasi.

2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 32017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 2"Kegiatan yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat pada hari ini merupakan salah satu upaya antisipasi terjadinya TPPO dan TKI Non Prosedural di tataran satuan kerja/unit pelaksana teknis yang bersinggungan langsung dengan para pelaku dilapangan"ungkap Kakanim Jakarta Barat, Abdurahman yang akrab disapa Ahong.

Bagi pelaku TPPO dan TKI Non Prosedural perlu dilakukan pencegahan sesuai tupoksi IMIGRASI, berupa melakukan pengawasan bagi WNI yang mengajukan permohonan paspor dengan Tujuan wisata, ziarah dan umroh keluar negeri.

"Tidak hanya petugas imigrasi yang berada digaris depan pelayanan saja namun para petugas imigrasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) juga melakukan hal yang sama mencegah terjadinya TPPO dan TKI Non Prosedural" lengkap Kakanim Jakarta Barat.

Kanim Kelas I Khusus Jakarta Barat sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Imigrasi, dalam hal TPPO dan TKI Non Prosedural Pemerintah memperkuat kerjasama antar pemangku kepentingan dari hulu hingga hilir mencegah banyaknya WNI yang menjadi korban TPPO dan TKI Non Prosedural.

Dalam kegiatan sosialisasi ini mengundang narasumber dari instansi terkait TPPO dan TKI Non Prosedural seperti Kementerian Luar Negeri, Kepolisian dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 1

2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 5 2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 6

Foto : Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta saat menyematkan tanda peserta dan pin kepada perwakilan peserta sosialisasi.

2017 11 24 Sosialisasi Kanim Barat 7

Foto : Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat bersama peserta rapat koordinasi pencegahan tindak pidana perdagangan orang (24/11).