Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2017 12 01 Kanim Utara 6Jakarta.kemenkumham.go.id - Dalam sebuah era pemerintahan yang baru, harus ada sesuatu inovasi yang baru pula dalam penyelenggaraan pemerintahannya. Sebuah inovasi sangat penting dilakukan karena akan sangat membantu dalam proses reformasi birokrasi ke arah perubahan kerja yang lebih variatif dan efisien, namun tentunya pula harus secara normatif. Inovasi dalam pemerintahan telah terjadi pada proses pelayanan publik yaitu adanya semacam strategi dalam memberikan motivasi lain untuk melakukan kegiatan pelayanan publik.

Dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara menggelar kegiatan peningkatan sumber daya pegawainya dalam memberikan pelayanan kepada publik melalui motivasi yang mengusung tema kegiatan "THE ESSENTIALS OF GREAT SERVICEā€, Membangun Budaya Pelayanan Prima melalui Motivasi dan Kerja Tim.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol yang berada di dalam kawasan Ancol Jakarta Baycity, Jl. Pantai Indah Ancol, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Kegiatan motivasi ini dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Nuni Suryani yang didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara, Amran Aris.

2017 12 01 Kanim Utara 7 2017 12 01 Kanim Utara 8

Foto : Narasumber Ira Deviani Motivator yang menyampaikan materi tentang komunikasi dengan diri sendiri "intrapersonal communication" & Kemampuan bangkit dari rasa terpuruk "Adversity Quotient".

Kepala Divisi Administrasi Nuni Suryani menyampaikan bahwa para peserta harus melaksanakan kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan output yang diharapkan yakni sebagai pembinaan serta meningkatkan kualitas SDM pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara. Sehingga pada saat pelaksanaan penerapan dilapangan dapat dijalankan dengan baik, sehingga tujuan akhir yang sama-sama kita cita-citakan yaitu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dapat tercapai. 

2017 12 01 Kanim Utara 3Salah satu pergeseran penting dalam manajemen sumber daya manusia adalah perpindahan yang awalnya focus terhadap kemampuan seorang pegawai untuk menyelesaikan tugas tertentu, kemudian menjadi fokus terhadap komitmen individu untuk menyesuaikan dengan organisasi dalam memberikan pelayanan kepada publik. Perpindahan ini yang focus terhadap proses sumber daya manusia dari pemilihan sampai penguatan tidak hanya kemampuan individu, tetapi juga motivasi yang unik yang dapat membawa individu ke tempat kerjanya.

Untuk itu, dalam pemberian motivasi pelayanan publik perlu adanya strategi-strategi khusus yang menunjang merasuknya motivasi tesebut kedalam jiwa pelaksana penyelenggaraan pelayanan publik dalam hal ini para petugas imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara. Hal inilah yang menjadi penting untuk diketahui lebih jauh terutama oleh pelaksana pelayanan publik karena dapat membantu menciptakan motivasi baru selain dari motivasi utama pelayanan publik yaitu untuk melayani kepentingan publik.

2017 12 01 Kanim Utara 1Motivasi baru ini tidak akan tercipta begitu saja, tentunya harus ada pihak-pihak yang mau dan bisa berpartisipasi dalam pemberian motivasi pelayanan publik yang lebih inovatif. Yang berarti harus ada stakeholders yang akan berkepentingan nantinya. Stakeholder tersebut bisa pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik, atau masyarakat sebagai yang dilayani kebutuhannya, atau pihak lain yang juga berkepentingan dalam kegiatan pelayanan publik.