Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 01 02 Monitoring di Hari pertama Tahun 2018 2Jakarta.Kemenkumham.go.id - Selasa (2/1/2018) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono yang didampingi oleh para Kepala Divisi pantau langsung kondisi para pengungsi yang berada di sekitar Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kelas I Jakarta. 

Tidak hanya Kakanwil dan Kepala Divisi yang mengunjungi Rudenim Jakarta, akan tetapi para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pun ikut menuju Rumah Detensi Imigrasi Kelas I Jakarta yang ingin melihat secara langsung kondisi para pengungsi tersebut.

Saat Kakanwil sedang melakukan monitoring, kebetulan ada beberapa rekan media yang sedang berada dilokasi tempat para pengungsi berdiam diri tepatnya berada di luar halaman Rumah Detensi Imigrasi Jakarta yang berlokasi di Jalan Peta Selatan No. 5D, Kalideres, Jakarta Barat. 

2018 01 02 Monitoring di Hari pertama Tahun 2018 4Dalam pantauan Kami, saat ini ada beberapa keluarga para pengungsi di wilayah itu yang hanya beralas tikar-tikar yang telah berdebu akibat berada dipinggir jalan yang lalu lintasnya cukup padat. Melihat keadaan tersebut Rekan media langsung memintai keterangan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta terkait penanganan para pengungsi tersebut.

Kakanwil yang didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian mengatakan "Menghadapi banyaknya pengungsi yang masuk ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di wilayah DKI Jakarta. Sesuai dengan Pasal 1 ayat (33) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Rudenim adalah unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi keimigrasian sebagai tempat penampungan sementara bagi orang asing yang dikenai tindakan administratif keimigrasian.

Kepala Rudenim Jakarta Morina Harahap menambahkan, "sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri, Rudenim melaksanakan tugas dan fungsi sebagai unit yang melakukan pendataan dan pengawasan terhadap pengungsi tersebut saja."

2018 01 02 Monitoring di Hari pertama Tahun 2018 1

Pihaknya akan memfasilitasi namun "Ruang di sini (Rudenim Jakarta) sudah penuh. Makanya tidak kami terima. Bukannya mau mentelantarkan mereka, namun jika mereka diterima, nanti akan ada lebih banyak lagi yang berdatangan.

Sebab, biasanya sesama pengungsi saling berhubungan," lengkap Karudenim Jakarta saat ditemui Rekan Media di kantornya.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa minggu yang lalu lebih banyak dari sekarang para pengungsi yang datang di kantornya. Rudenim Jakarta dengan maneuvernya terkait pengawasan terhadap pengungsi antara lain melakukan pengawasan secara berkala sebulan sekali dalam pengambilan data ke community house yang berada di bawah pengawasan Rumah Detensi Imigrasi Jakarta dengan pengambilan dan penyimpanan data sidik jari pengungsi dengan berbasis biometric (finger print scan). 

Rudenim Jakarta juga telah mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi kepada instansi terkait mulai dari aparatur Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kesbangpol, Forum Komunitas Masyarakat, dan juga masyarakat di lingkungan Rumah Detensi Imigrasi Jakarta.

Untuk mengimplementasikan Perpress tersebut "Kita telah berupaya untuk melibatkan pemerintah daerah terkait tempat penampungan, di dalam Perpres (125 tahun 2016) sudah disebutkan. Penampungan itu berada di wilayahnya  Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota dan Rudenim berada di posisi pengawasan keimigrasian," lengkap Karudenim.

Pihak Rumah Detensi Imigrasi telah meminta Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk ikut aktif terlibat mengurusi masalah pengungsi ini, agar masalah dapat segera terselesaikan. Pasalnya kita harus kerja bersama sesuai dengan tugas dan kewenangannya.