Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 01 09 Kanim Jakarta Utara 2

2018 01 09 Kanim Jakarta Utara 4Jakarta.kemenkumham.go.id - Rabu (10/01/2018) Petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara bersama dengan Tim Pora Kota Jakarta Utara mengamankan 42 warga negara asing (WNA) asal Nigeria dan Uganda di hotel yang berada di sekitar wilayah Kelapa Gading.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara, Bayu Dewabrata mendapat informasi dari Tim Pora bahwa ada kerumunan warga negara asing di Hotel Gading Indah. Menempati hotel yang berada persis di depan depo pembangunan proyek LRT Kelapa Gading-Velodrome.

Pukul 15.30 s.d 18.00 Wib Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara langsung melaksanakan Operasi Gabungan Pengawasan Keimigrasian di Hotel Gading Indah bersama dengan Tim, atas informasi yang didapatkan dari kecurigaan anggota saat melihat ada kerumunan warga negara asing. 

Hasilnya adalah Petugas imigrasi dengan Tim Pora Kota Jakarta Utara dalam Operasi Gabungan ini mendapatkan 42 warga negara asing yang terdiri dari 40 orang laki - laki warga negara Nigeria dan 2 orang perempuan warga negara Uganda. 

Kepala Divisi Keimigrasian Agus Widjaja saat menggelar press conference mengatakan petugas keimigrasian di bantu Tim PORA dan kepolisian akan mendalami alasan puluhan warga negara asing itu masuk ke Indonesia. Termasuk kecurigaan melakukan cyber crime hingga jaringan narkoba.

Kantor imigrasi juga akan menyelidiki pihak yang menyediakan tempat tinggal bagi mereka pasalnya terkait empat puluh dua warga negara asing tersebut bisa menyewa kamar meski tidak memiliki dokumen resmi.

"Dari 42 warga negara asing  yang diamankan, hanya 8 orang saja yang memiliki paspor. Sementara, 34 sisanya yang tidak memiliki dokumen terancam dikenakan Pasal 116 jo 71 Undang-Undang Keimigrasian."ucap Kepala Divisi Imigrasi. 

"Dari warga negara asing asal Nigeria dan Uganda ini petugas imigrasi menyita 13 laptop, 29 smartphone, 1 modem, dan 8 paspor"lengkapnya.

2018 01 09 Kanim Jakarta Utara 3

Warga negara asing ini di duga melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Keimigrasian Nomor 12 Tahun 2011 tentang keimigrasian : 

  1. Pasal 116 junto pasal 71 huruf b  (warga negara asing tidak dapat menunjukkan paspor);
  2. Pasal 78 UU No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian (melebihi batas izin tinggal);
  3. Pasal 118 UU No. 6 tahun 2011 tentang keimigrasian (setiap penjamin yang dengan sengaja memberikan keterangan tidak benar atau tidak memenuhi jaminan yang diberikannya); dan
  4. pasal 136 UU No.6 tahun 2011 tentang keimigrasian ayat 1 dan 2 yang menyebutkan : " Pertama dalam hal tindak pidana yang dilakukan oleh korporasi, pidana dijatuhkan kepada pengurus dan korporasinya, kemudian yang kedua Penjatuhan pidana terhadap korporasi hanya pidana denda dengan ketentuan besarnya pidana denda tersebut tiga kali lipat dari setiap pidana denda)."

2018 01 09 Kanim Jakarta Utara 5

Foto : Kepala Divisi Keimigrasian Agus Widjaja bersama anggota tim pora Kota Jakarta Utara saat menggelar Press Conference di Aula Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara usai menggelandang 42 WNA asal nigeria dan uganda (10/01/2018) Pukul 20.30 WIB.